Jumat, 08 Mei 2015

Yuk Mengenal Ragam Busana Muslim...!

Vemale.com - Saat bulan Ramadhan tiba, undangan untuk acara-acara keagamaan pun memenuhi agenda. Acara berbuka puasa bersama di beberapa tempat, pengajian, sampai dengan undangan untuk halal bihalal pun sudah diberikan jauh-jauh sebelumnya. Pada saat seperti ini, paling tepat memang menggunakan busana bernuansa Islami. Saat ini beragam butik sampai toko busana muslim sudah bisa dijumpai di mana-mana, Anda tinggal memilih mana yang paling Anda sukai. Sebelum acara pilah-pilih ini, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis busana muslim yang berbeda-beda ini.

Abaya

Abaya Arab. Sumber: BusanaIndonesia.com


Abaya adalah pakaian dari Arab dengan potongan yang sangat lebar menyerupai jubah, menutupi sampai mata kaki dan berwarna hitam. Abaya untuk pesta dihiasi dengan sulaman benang berwarna-warni yang tidak terlalu banyak, di ujung kaki, tangan dan leher. Jika Anda ingin membeli abaya kami merekomendasikan toko online menjualnya, silahkan klik jual kebaya online.

Jellabiya


Hampir sama dengan abaya, namun model ini tidak selonggar abaya dan tidak hanya berwarna hitam. Selain memiliki warna yang lebih berani, ornamen dan hiasan pada jellabiya lebih ramai. Jellabiya juga berasal dari Arab namun berasal dari daerah yang di dekat teluk Persia.

Kameez


Kameez merupakan pengembangan dari jellabiya. Jika jellabiya adalah gaun panjang, maka kameez ini adalah shirt yang panjang. Panjang kameez hanya sampai ke lutut dengan belahan di samping kanan kiri dari pinggang sampai lutut yang membuat penggunanya bebas bergerak. Kameez dihiasi berbagai ornamen di antaranya sulam benang dan manik-manik yang ramai seperti yang kita temui di beberapa baju tunik panjang yang sebenarnya termasuk dalam jenis kameez ini. Saat ini kameez menjadi pakaian yang banyak dijumpai di Pakistan dan India dan juga di negara kita banyak yang menggunakan kameez sebagai pilihan busana muslim beserta celana panjang.

Kurta


Kurta memiliki panjang yang sama dengan kameez namun potongannya lebih lebar dan kainnya lebih tipis dan ringan. Selain itu, kurta biasanya dihiasi dengan bordiran menggunakan benang yang semi-transparan, lebih terang atau senada dengan warna kain sehingga memberikan efek sederhana namun indah. Pola hiasan biasanya hanya terletak pada bagian leher dan sepanjang kancing pembukanya.

Shalwar


Celana longgar yang digunakan bersama kameez itulah shalwar. Berpotongan longgar di bagian atas dan sedikit menyempit di mata kaki, celana ini menjadi padanan berpakaian wanita Pakistan lengkap dengan dupatta (syal panjang sebagai kerudung).

Churidar


Jika shalwaar longgar, maka churidar adalah celana padanan kameez yang berbentuk mirip seperti skinny jeans hanya saja dia terbuat dari kain biasa dan bukan dari jeans denim. Churidar dibuat dengan bahan yang stretchy dan memiliki panjang yang melebihi panjang kaki penggunanya. Ketika dipakai, kelebihan panjang ini akan membentuk lipatan-lipatan di daerah mata kaki yang nampak cantik.

Sherwani


Sherwani adalah semacam mantel panjang hingga di atas lutut, terbuat dari kain yang lebih berat dan kaku dan biasanya memiliki potongan A-line di bagian bawah mantel. Asal dari mantel ini adalah perpaduan dari shalwar kameez dengan frock coat dari negara Inggris, yang kemudian banyak digunakan oleh kaum aristokrat muslim India. Saat ini sherwani telah banyak diadaptasi menjadi berbagai coat yang fashionable untuk para wanita, dan tetap memperlihatkan nuansa muslim saat dipadankan dengan churidar dan kerudung yang sesuai.

Patiyala Shalwar


Mirip dengan harem pants, namun celana longgar ini memiliki banyak lipatan dan agak menyempit di mata kaki. Patiyala cocok digunakan untuk blouse tunik yang tidak terlalu panjang sehingga menampakkan lipatan-lipatan dan model gembung yang cantik. (vem/miw)

Sumber: vemale.com dengan sedikit gubahan.

1 komentar:

  1. Awesome Fashion blog, Get more details About the
    Fashion and beauty blogs click on link,
    http://www.angelmstyle.com/

    BalasHapus